Selasa, 09 Maret 2010

8 Cara mengatasi kelelahan mata akibat komputer


Mata adalah panca indera yang harus dijaga baik baik karena mata adalah jendela hati dan alat hipnotis. Mata yang bagus adalah mata yang sehat dan tidak lelah. Karena kalau mata kelelahan, konsentrasi melihat objek pun akan berkurang dengan drastis.
Gangguan yang paling sering dijumpai pada kebanyakan pengguna komputer dan pecandu televisi adalah gangguan mata lelah. Gangguan mata lelah seringkali disebabkan terlalu sering nonton televisi dan menggunakan komputer berjam jam lamanya. Hal ini disebabkan oleh otak yang terus menerus fokus terhadap satu titik, membuat otot otot di sekitar mata berkontraksi terus tanpa relaksasi. Akibatnya kita menjadi pusing, susah fokus dan tidak dapat melihat dengan jelas.
Beberapa cara untuk mengatasi gangguan mata lelah :
1. Istirahatkan mataJangan terus terusan melihat layar komputer , pandangilah objek objek lain seperti lemari, rak buku, gadis imut yang kebetulan lewat, atau mata mata orang disekitar anda. Lakukan setidaknya setiap 30 menit sekali. Sehingga otot mata diberikan waktu untuk istirahat sejenak. Seperti manusia, otot mata pun perlu istirahat
2. Jaga jarak dengan layar komputerAwas, jangan terlalu dekat dengan layar komputer. Mata kita bisa jadi menjuling. Dan semakin dekat kita dengan layar, maka radiasi yang dipancarkan layar komputer itu jadi semakin besar. Buat otak kita semaki pusing.
3. Sering seringlah BerkedipTiap kita berkedip, bola mata kita dibasuh oleh air mata dari kelenjar air mata kita. Sehingga mata kita tidak akan kering kerontang seperti gurun pasir. Kebanyakan gangguan mata ringan seperti mata lelah, kemasukan debu dan mata kering dapat diatasi dengan banyak banyak berkedip. Ato jika pacar anda sakit mata, ganggu dirinya agar dia menangis penuh air mata wakakakaka
4. Pijat daerah sekitaran mataLakukan dengan perlahan lahan biar otot otot sekitar mata bisa berelaksasi. Seperti orang yang kelelahan sehabis berlari 100 km, biasanya dia ingin dipijit agar ototnya tidak keram. Lebih enak dilakukan sambil memejamkan mata dan membayangkan hal hal indah seperti sejuknya alam pegunungan atau menonton layar tancap di pasar malam.
5. Kompres dengan kentang dan sejenisnyaIris kentang sehingga bagian dalamya terbuka. Kompreskan pada mata sekitar 5 - 10 menit. Cara ini diyakini dapat membantu mata segar kembali.
6. Imbangi dengan olahragaPara pecandu komputer dan televisi setidaknya melakukan olahraga rutin sesuai waktu yang dianjurkan yaitu 45 menit sehari. Mengapa ? setidaknya meski mata anda lelah tetapi badan tetap segar. Coba kalau tidak, sudah matanya lelah, badannya sakit sakitan.
7. Pasang filter pada layar komputerJelas, tak perlu diuraikan lagi.
8. Banyak makan buah buahan bervitamin ASebab ? sama ama sebab nomer 6 hahahaha. Minimal kalo sering makan wortel matanya lebih sehat dari yang gak pernah makan.
Demikian tips ini saya haturkan buat para pecandu komputer dan televisi yang terbiasa menghabiskan lebih dari 8 jam sehari di depan layar.
Inspired by
http://victor-health.blogspot.com/2007/08/bebaskan-mata-lelah-gara-gara-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template Design by faris vio